Analisis PT Unilever
SEJARAH
PERUSAHAAN
Unilever
merupakan bisnis yang didirikan berdasarkan motivasi, dan warisan kami yang
unik masih membentuk cara kami melakukan bisnis sekarang. Pada tahun 1890-an,
William Hesketh Lever, pendiri Lever Brothers, menuliskan gagasannya untuk
Sunlight Soap, produk baru revolusionernya yang membantu mempopulerkan
kebersihan dan kesehatan di Inggris pada zaman Victoria.
itu
adalah “untuk menjadikan kebersihan sebagai hal yang lumrah; untuk mengurangi
pekerjaan wanita; untuk mendukung kesehatan dan berkontribusi dalam daya tarik
pribadi, bahwa kehidupan mungkin lebih nikmat dan lebih berharga bagi
orang-orang yang menggunakan produk kami”.
Motivasi
dan misi itu yang selalu menjadi bagian dari budaya Unilever. Pada abad ke-21,
kami masih membantu orang untuk terlihat menarik, merasa baik, dan mendapatkan
banyak hal dalam kehidupan, dan tujuan kami sebagai perusahaan adalah
‘menjadikan kehidupan berkelanjutan sebagai hal yang lumrah’.
VISI
DAN MISI
Visi
Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari
Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya.
Misi
- Kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari.
- Kami membantu konsumen merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati hidup melalui brand dan layanan yang baik bagi mereka dan orang lain.
- Kami menginspirasi masyarakat untuk melakukan langkah kecil setiap harinya yang bila digabungkan bisa mewujudkan perubahan besar bagi dunia.
- Kami senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami tumbuh dua kali lipat sambal mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan meningkatkan dampak sosial.
A. PRODUK FOOD AND DRINK
Desain
Produk
Bango
adalah merek kecap turun-temurun sejak dari tahun 1928 yang mengutamakan
tradisi, kesepenuhan hati serta kualitas yang tinggi.
Sejarah Bango
Kecap
Bango telah didirikan sejak tahun 1928 oleh Bapak Tjoa Pit di wilayah
Jabotabek. Nama Bango dipilih untuk dapat mewakili harapannya agar kecap manis
yang diolah dengan sepenuh hati dapat terbang tinggi dan jauh seperti burung.
Dengan kerja keras dan konsistensi, bisnis kecap Bango berhasil tumbuh pesat
terutama saat di bawah kepemimpinan generasi ketiga sang pemilik.
Pada
tahun 2001 Unilever mengakuisisi merek dan usaha ini, dan sejak itu pertumbuhannya
demikian menjanjikan. Slogan “Benar-benar kecap” dan jargon “Rasa tak pernah
bohong” diperkenalkan di tahun 2001 untuk mengukuhkan posisi kecap Bango
sebagai kecap berkualitas tinggi yang memberikan cita rasa yang tidak
tertandingi di Indonesia.
Rasa Terbaik
Kecap
manis adalah jenis kecap yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru
Nusantara yang terbuat dari beragam jenis kacang kedelai hitam dan gula. Dengan
tekstur yang kental dan rasa manis gurih, menjadikan kecap manis berbeda dari
kecap asin yang biasa digunakan di negara-negara Asia. Dan Bango, adalah
satu-satunya kecap manis yang identik dengan rasa otentik serta berkualitas
tinggi yang menghasilkan rasa terbaik di Indonesia.
Hanya dengan Bahan Berkualitas
Tinggi
Kecap
Bango hanya terbuat dari 4 bahan pilihan yang berkualitas tinggi: kacang
kedelai hitam “Mallika”, gula kelapa, garam dan air yang dicampur dengan baik
dalam suatu proses khusus, memberikan rasa terbaik yang membuat kecap Bango
berbeda dari produk lain.
Dibalik Kedelai Hitam Mallika
Keunikan
rasa kecap manis Bango tidak pernah berubah sejak pertama kali Bango
diproduksi. Bango menggunakan kedelai hitam lokal yang secara khusus dijaga dan
dipelihara oleh para petani Bango sehingga rasa yang dihasilkan sangat istimewa
dan berbeda dibandingkan kecap manis merek lain yang kebanyakan menggunakan
kedelai kuning.
Untuk
menjaga keberlangsungan dari kedelai hitam sebagai bahan baku utama kecap manis
Bango, Unilever bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan
beragam penelitian untuk menemukan varietas kedelai hitam yang unggul yang
memiliki tingkat produktivitas tinggi dibandingkan rata-rata kedelai hitam
lainnya, yang kemudian diberi nama Mallika. Mallika ditanam dan dirawat dengan
setulus hati oleh petani Bango di daerah Trenggalek, Jawa Timur.
Sepanjang
perjalanannya, Bango secara konsisten telah memberikan dampak positif:
- Peani kedelai hitam – memberikan modal kerja, bantuan penanaman dan jaminan pasar tertentu atas hasil panen mereka. Program ini membantu mereka meningkatkan pendapatan mereka yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan mereka.
- Penjajah makanan tradisional – melalui kegiatan Festival Jajan Bango, sejumlah penjaja yang berpartisipasi dibina agar perputaran mereka meningkat. Acara ini memungkinkan mereka memperkenalkan usaha mereka kepada khalayak yang lebih besar yang datang berkunjung.
Nama
Merek
Produk lainnya dari Food and Drink
Pada Unilever.
Royco
Royco menghadirkan
berbagai produk makanan/masakan untuk membantu para ibu menghidangkan makanan
kegemaran keluarga.
Walls
Wall’s terus memberikan
kenikmatan es krim dan momen kebahagiaan.
Buavita
Buavita jus buah yang
enak dan berkualitas
SariWangi
SariWangi, Teh
Berkualitas Pilihan Indonesia, fasilitator keluarga Indonesia untuk terus
menjaga komunikasi dan kehangatan keluarga.
Lipton
Lipton is the world’s
best-selling tea brand, has been established for more than 100 years, and is
available in more than 100 countries.
Posisi
Produk
Bango
merupakan kecap kedelai hitam yang menggunakan kedelai hitam berkualitas baik
bernama malika. Bango muncul dan mengamcam posisi penjualan kecap merk lain
seperti ABC Dan Kecap Sedap. Dengan menggunakan kedelai hitam berkualitas
tersebut menjadi kekuatan rasa dan merk kecap bango. Dari segi harga kecap
bango menawarkan harga yang ekonomis supaya dapat dijangkau dari semua
kalangan. Oleh karena itu, sampai saat ini kecap bango banyak diminati
masyarakat.
Kemasan
Produk
- Botol gelas 620 ML
- Botol Plastik 275 ML
- Botol Plastik 135 ML
- Kemasan isi ulang 600 ML
- Kemasan isi ulang 220 ML
- Kemasan isi ulang 60 ML
- Sachet 30 ML
B. PERSONAL CARE
Desain
Produk
Dove,
brand kecantikan untuk anda yang percaya keindahan datang dalam berbagai
bentuk, ukuran dan usia.
Dove deodorant cerahkan kulit
ketiak
Mencukur
atau mencabut bulu ketiak dapat menyebabkan noda kehitaman pada kulit ketiak.
Noda kehitaman atau iritasi kemerahan ini terjadi karena ketika mencukur
ketiak, 1/3 bagian yang hilang adalah kulit. Hal ini meninggalkan luka pada
permukaan kulit dan membuat kulit rentan terhadap iritasi lebih lanjut saat
terjadi kontak dengan sabun mandi. Rasa perih, hilangnya cairan dari kulit, dan
rendahnya kelembapan kulit juga merupakan beberapa akibat lain yang ditimbulkan
akibat mencukur bulu ketiak.
Dove
Lightening Deodorant, dengan moisturizing cream-nya membantu merawat dan
mencerahkan kulit ketiak. Moisturizing cream yang terkandung, juga merawat
kulit ketiak yang teriritasi akibat mencukur dan mencabut bulu ketiak, serta
menjaga kelembapan alami dan kehalusan kulit. Sunflower seed oil dalam Dove
Deodorant juga membuat kulit ketiak menjadi lebih cerah dalam 2 minggu.
Anti-perspirant memberikan perlindungan optimal selama 24 jam terhadap bau
badan dan keringat berlebih.
Dengan
pemakaian Dove Lightening Deodorant secara teratur, kulit ketiak menjadi lebih
halus, lembut, dan tidak teritiasi. Kulit ketiak pun tampak lebih cerah karena
mencegah timbulnya noda gelap.
Terus mainkan rambutmu, karena dove
yang akan merawat indahnya!
Perempuan
pasti sering menata rambut sesuai kebutuhan dan mood. Karena perempuan percaya
rambut bisa memberikan tampilan fisik yang lebih menarik. Di lain sisi, banyak
dari mereka tidak tahu pasti apa yang terjadi di dalam rambut itu sendiri
ketika mereka sedang menata rambut. Berdasar riset Global H&A 2003-6,
Global Damage White Paper 2008, 8 dari 10 perempuan berusaha terus mengekspos
kecantikan rambutnya tanpa menyadari bahwa kegiatan tersebut menyebabkan kerentanan
rambut. Pernahkah Anda sendiri merasa khawatir bahwa rambut akan rusak akibat
penataan rambut sehari-hari?
Dove
punya solusinya. Memperkenalkan Dove Damage therapy, sebuah terobosan baru dari
Dove dalam perawatan rambut yang membantu para perempuan mengembalikan potensi
kecantikan rambut alami. Micro Moisture Serum yang dipatenkan, menutrisi helai
rambut dari pangkal hingga ujung. Sementara Fiber active-nya merawat rambut
rusak dari dalam, memberikan protein dan menjaga kekuatan rambut.
Rangkaian
Dove membuat Anda tidak perlu khawatir lagi. New Dove Damage therapy memberikan
solusi untuk menjaga kecantikan rambutmu dengan mencegah dan melindungi rambut
serta mengembalikan kecantikan alaminya. Dove tidak hanya bersahabat dengan
rambut yang rentan, namun juga dengan semua pribadi yang mencintai rambutnya.
Dengan
varian baru Dove Intense Care, Daily Care, Hair Fall Rescue, Dryness Care, dan
Dandruff Care, Anda dapat memilih masing-masing variant sesuai kebutuhan Anda.
Gunakan secara rutin dan bersiaplah melenggang dengan apapun gaya rambut Anda.
Terus mainkan rambutmu, karena Dove yang akan merawat indahnya!
Nama Merek
Produk lainnya dari Personal Care Pada Unilever.
Axe
Axe telah membantu
begitu banyak pria Indonesia dalam mendapatkan pasangan kencan.
Close Up
Lifebuoy
Lifebuoy berbagi sehat
Lux
Memanjakan kulitmu dengan
kemewahan sabun cair dan sabun batang lux.
Rexona
Pond’s
Sunsilk
Tresemme
Vaseline
Citra
Clear
Clear secara aktif
memberikan jalan kerluar terbaik dari Ketombe dan masalah-masalah kulit kepala
lain.
Fair&Lovely
Zwitsal
Dipercaya menemani
cerianya perjalanan Bunda bersama si Kecil Terbukti tested hypoallergenic.
Posisi Produk
Dove
merupakan produk personal care. Pada iklan dove menggunakan bintang iklan dalam
produk adalah artis atau publik figur. Wanita cantik yang memiliki rambut
panjang yang dapat menarik pembelian konsumen. Artis tersebut dengan yakin
mempromosikan produk dove tersebut berbeda dengan produk shampo lain. Hal ini
merupakan salah satu agar menarik konsumen untuk melalukan pembelian produk
dove. Dengan berbagai keunggulan produk membuat dove banyak diminati karna
sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dari segi harga dove juga menawarkan harga
yang sesuai dengan manfaat produk. Dove juga mempunyai banyak varian yang telah
disesuaikan dengan keberagaman kebutuhan konsumen.
Kemasan Produk
- Botol Plastik
- Kemasan isi ulang
- Sachet
C. HOME CARE
Desain Produk
Sunlight merupakan pembersih ampuh yang membuat
peralatan rumah tangga menjadi lebih mudah dibersihkan.
Sunlight
adalah produk cuci piring terkemuka di Indonesia
Sunlight
sudah tersedia di Indonesia sejak lebih dari 25 tahun yang lalu dengan format
batang pada awalnya. Pada tahun 1980an, Sunlight diluncurkan dalam bentuk cair
yang menjadikannya sebagai produk cuci piring pertama di Indonesia. Selama 20
tahun, produk Sunlight berhasil menjadi merek cairan cuci piring terbesar di
Indonesia dengan berbagai aktivasi inovasi dan promosi. Sunlight sebagai
pemimpin pasar, selalu menawarkan solusi terbaik untuk membersihkan peralatan
masak dan peralatan dapur dari semua jenis kotoran, bau dan lemak. Sunlight
terdiri dari 3 varian yang disukai oleh para pelanggannya yaitu lime, lemon dan
strawberry.
Inovasi
Sunlight
tersedia di toko modern dan tradisional dengan 3 varian seperti jeruk limo,
lemon dan strawberry. Untuk memenuhi preferensi pelanggan yang berbeda-beda,
kami juga menawarkan produk sunlight dalam kemasan botol (250 ml dan 800 ml)
dan isi ulang (90 ml, 200 ml, 400 ml, dan 800 ml).
Nama Merek
Produk lainnya dari Home Care Pada Unilever.
Cif
Merupakan sebuah produk
pembersih serbaguna yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis noda
bandel dengan mudah.
Domestos
Tahukah Anda? Di toilet
ditemukan banyak sekali bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit
seperti diare, tifus, dan kolera
Surf
Surf is on a mission to
make laundry delightful – through great cleaning and gorgeous fragrances.
Rinso
Tujuan Rinso adalah memberikan proses pencucian yang
efektif dan lebih mudah dan pengalaman mencuci terbaik agar orang dapat
mengeluarkan semua potensi mereka tanpa takut kotor.
Molto
Molto memberikan
kelembutan dan kesegaran tahan lama pada pakaianmu.
Vixal
Wipol
Posisi Produk
Posisi
sunlight sebagai market leader. Karna belum ada sabun yang dapat menyaingi
produk ini ditambah dengan inovasi “sunlight gell” dengan anti bakteria, kekuatan
100 jeruk nipis, dan ekstrak green tea untuk varian anti bau. Sehingga produk
sunlight memiliki 50% produk paling dominan dipasaran. Dengan perbedaan dan
keunggulan tersebut sunlight menawarkan harga yang terjangkau dan juga varian
ukuran sesuai dengan kebutuhan.
Kemasan Produk
- Botol Plastik
- Kemasan Isi Ulang
- Sachet
Strategi Iklan
Dalam PT Unilever Indonesia, promosi yang dilakukan paling banyak melalui media elektronik. Namun dalam kehidupan sehari-hari promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak hanya lewat media elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak, sponsorship, mengadakan event-event yang memasukkan produk-produk dari PT. Unilever seperti Kecap Bango, Pepsodent, Shampo Pantene, dll. Karena jika promosi yang dilakukan hanya melalui media elektronik maka PT. Unilever Indonesia tidak mendapatkan keuntungan yang optimal. Masyarakat di Indonesia terdiri dari berbagai kalangan dan tingkatan sosial yang beragam. Jika perusahaan tidak bisa menyentuh hati masyarakat semua kalangan maka perusahaan tidak dapat berkembang pesat. Makna dari iklan yang ditawarkan oleh perusahaan juga harus bisa dipahami oleh berbagai kalangan, karena iklan adalah salah satu cara promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal.
Selain melalui iklan elektronik proses pemasaran yang dilakukan Unilever juga menggunakan berbagai cara, diantaranya dengan berbagai program pemasaran yang dapat menarik perhatian pelanggan. Kupon belanja gratis produk unilever adalah salah satu cara promosi yang dilakukan oleh Unilever, selain itu diskon-diskon yang diberikan juga banyak menarik perhatian pelanggan yang berasal dari kalangan masyarakat menengah kebawah.
Iklan itu sendiri adalah kandungan utama dari manajemen promosi yang menggunakan ruang media bayaran untuk menyampaikan pesan, sementara para klien dan praktisi periklanan memandangnya hanya sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen. Iklan ini merupakan bagian dari bauran promosi, yang terdiri dari pemasaran langsung, PR (Public Relations), promosi penjualan, dan penjualan personal. Peranan merek produk juga sangat berperan penting, karena merek merupakan simbol dari sebuah produk yang dipasarkan. Bahkan dalam satu perusahaan terdapat berbagai macam merek yang berbeda-beda.
Pemasaran berskala besar seperti ini hanya satu daripada beragam program promosi yang dilakukan Unilever, promosi inter-personal langsung ke pelanggan juga dilakukan oleh Unilever dengan memberikan keuntungan khusus yang diberikan pada pelanggan setia pengguna produk Unilever. Dengan program pemasaran ini diharapkan Unilever dapat mencakup pangsa pasar yang luas di pasar konsumen Indonesia.
Dalam pemasaran global, eksistensi perusahaan diperlukan dalam mengembangkan ide pemikiran, baik dalam cakupan nasional maupun internasional. Dalam hal ini khususnya perusahaan Unilever harus bisa membuat sebuah grand design mahakarya khususnya pemasaran global yang menuntut sebuah keajaiban-keajaiban dalam mengembangkan karir sebuah perusahaan khususnya unilever selain memantau jalannya proses globalisasi dari para pesaing. Mutlak adanya selalu diadakan apa yang disebut dengan inovation treatment dalam setiap sesi langkah-langkah perusahaan.
Oleh karena itu pertanyaan lain dapat muncul seketika mengapa promosi perlu diadakan, jawabannya tentu saja iya, karena dalam beberapa aspek perusahaan salah satu tujuan pengembangan mutu perusahaan ialah dapat menyentuh seluruh lapisan konsumen dalam hal ini adalah sasaran global yang diadakan dan dibuat dari grand design tersebut, oleh karena itu sebuah perusahaan unilever dapat fight dengan para pesaingnya baik dari dunia asing maupun pesaing-pesaing unggulan dalam negeri.
Unilever juga terus mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen, melakukan inovasi dan aktivasi produk, serta terus membangun citra produk. Hal ini merupakan sebagian dari strategi perusahaan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand-brand Unilever. Komunikasi yang disampaikan melalui iklan di berbagai media cetak maupun elektronik sangat efektif dan langsung mengenai sasaran,untuk evaluasi kedepannya PT. Unilever Indonesia, Tbk akan melakukan 4 hal demi tetap memiliki citra baik pada konsumennya, antara lain: branding, design, technical printing, danmerchandising. Sehingga dengan cepat hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk-produk yang dikeluarkan oleh PT. Unilever.
Promosi Penjualan
Berbagai
insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu
produk atau jasa, seperti discount, potongan harga, program pembelian buy 1 get
1, kegiatan bazar kesehatan.
Distribusi Produk
Dalam memasarkan produknya PT.Unilever membagi
wilayah indonesia menjadi empat wilayah pemasaran atau Regional Safes. Untuk
menyampaikan produknya PT.Unilever menggunakan saluran distribusi perusahaan
bagi pasar non tradisional seperti toko-toko swalayan dan menggunakan distributor
independen untuk menyampaikan produk ke pasar-pasar tradisional.
Layanan Konsumen
Untuk
memudahkan konsumen PT.Unilever dalam memperoleh informasi seputar produk dan
perusahaan ada berbagai alternatif layanan untuk konsumen.
Alamat: Menara
Duta, Lantai 5, Jl. HR Rasuna Said Kav. B-9, Setiabudi, RT.3/RW.1, Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910
Website : www.unilever.co.id
Sumber :
https://www.unilever.co.id/about/
Komentar
Posting Komentar