Strategi Pemasaran Global Di Pasar Indonesia dan Studi Kasus
UMKM atau Usaha Mikro
Kecil dan Menengah sedang diminati banyak masyarakat di Indonesia. Tidak heran
bila UMKM merupakan kelompok usaha yang paling besar di Indonesia dan
berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 60%. Selain itu,
bisnis UMKM ini lebih kuat dalam menghadapi krisis global. Untuk bisa
menghadapi pasar global memang tidaklah mudah, karena produk UMKM akan bersaing
dengan produk negara lain. Untuk menyiasatinya dibutuhkan strategi yang tepat
untuk mengembangkan UMKM agar bisa bersaing menghadapi pasar global. Berikut 5
strategi yang harus dimiliki UMKM:
Product
Menentukan produk dalam
bisnis UMKM adalah langkah yang paling utama sebelum bisnis berjalan. Produk
yang Anda jual haruslah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh semua
konsumen. Untuk itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu tentang selera
pasar, tren pasar yang sedang berkembang saat ini, dan melihat seberapa
besar peluang pasar yang akan kita bidik. Selain itu, dari segi kualitas,
produk yang akan dijual haruslah memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan
produk yang sudah ada, kalau perlu bisa sekelas dengan produk yang dijual
dengan standar pasar global.
Price
Untuk menentukan harga
jual produk, Anda harus teliti menghitung total semua biaya yang dikeluarkan
selama produksi berlangsung. Ada 3 cara penetapan harga yang bisa Anda lakukan
agar terhindar dari kerugian saat penentuan harga.
- Penentuan harga berdasarkan biaya produksi ditambah dengan keuntungan, biasanya keuntungan diambil 30% dari harga produksi.
- Penentuan harga berdasarkan kompetitor, jadi Anda bisa riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga, tentukan harga di bawah kompetitor, tetapi dengan kualitas yang sama dengan kompetitor. Jadi ini bisa menjadi salah satu strategi untuk menarik konsumen dari kompetitor.
- Penentuan harga berdasarkan permintaan, jadi konsumen lah yang akan menentukan harga produk yang Anda miliki dengan mengacu pada kualitas yang dimiliki, tetapi jika harga yang diberikan masih di bawah harga produksi, Anda harus bisa menaikan harga jualnya, sehingga bisa tetap mendapatkan keuntungan.
Place
Agar penjualan bisa
maksimal dan produk mudah didapatkan oleh konsumen, maka UMKM haruslah memilih
tempat yang strategis untuk berjualan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
menentukan tempat usaha yaitu:
- Lokasi yang strategis mudah di akses oleh semua orang dan dekat dengan keramaian.
- Sesuai dengan target pasar yang sedang dibidik, jika targetnya adalah pekerja, maka usaha yang dibuat haruslah berdekatan dengan perkantoran.
- Mudah dijangkau oleh semua konsumen terutama dari segi transportasi.
- Produk yang dijual haruslah menarik perhatian konsumen.
Promotion
Promosi adalah langkah
untuk mengenalkan produk yang Anda miliki kepada konsumen. Apalagi jika produk
yang dijual adalah produk baru, maka promosi ini sangat penting dilakukan. Agar
promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran, maka Anda harus melakukan riset
terhadap produk yang dijual dan siapa saja calon konsumen yang potensial untuk
membeli produk tersebut. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih, melalui media
mana Anda melakukan promosi, apakah via media online atau media offline?
People
Yang terakhir adalah
orang atau sumber daya manusia (SDM). SDM yang dipilih haruslah orang-orang
pilihan yang bisa menghasilkan produk dan layanan terbaik. Jangan ragu untuk
melakukan seleksi kepada calon karyawan dalam bisnis UMKM yang Anda bangun,
hindari referensi dari kenalan atau saudara jika dirasa skill yang dimiliki
belum sesuai.
Demikianlah pembahasan
mengenai 5 strategi untuk mengembangkan UMKM di Indonesia untuk menghadapi
pasar global. Jika 5 strategi tersebut sudah berjalan dengan baik dan berhasil,
maka jangan pernah melupakan manajemen keuangan UMKM. Hindari mencampur uang
pribadi dengan uang yang digunakan dalam usaha. Manajemen keuangan bukan hanya
soal mencatat rapi semua transaksi dalam buku, tetapi manajemen keuangan adalah
suatu kegiatan perencanaan, pemeriksaan, penganggaran, pengendalian,
pengelolaan, pencarian dan penyimpanan keuangan.
Jurnal merupakan
software akuntansi online yang bisa Anda gunakan untuk membantu mempermudah
dalam masalah manajemen keuangan baik skala UMKM atau skala perusahaan. Banyak
fitur yang tersedia di Jurnal yang bisa Anda gunakan untuk melancarkan usaha
yang sedang Anda bangun. Untuk info lebih lanjut tentang Jurnal dan fitur
menarik lainnya dapat Anda dapatkan
Studi
Kasus ( UKM Pengrajin Sepatu Sandal Ciomas Bogor)
Dua strategi yang bisa
dilakukan pada posisi stabil adalah melakukan kegiatan penetrasi pasar dan
langkah penyempurnaan strategi pengembangan produknya untuk mempertahankan dan
memelihara kinerja yang sudah dicapai. Peningkatan kreatifitas dalam pembuatan
sepatu sandal menjadi sangat diperlukan sehingga model sepatu sandal yang
diproduksi lebih bervariasi. Keanekaragaman produk menjadi salah satu strategi
dalam memikat minat dari para konsumen, sehingga diperoleh peningkatan omzet
penjualan. Di samping itu, penetrasi pasar harus dilakukan secara intensif.
Konsumen yang dihadapi oleh para Pengrajin adalah konsumen yang sensitif akan
harga. Strategi penetrasi pasar menjadi langkah terbaik untuk menggaet konsumen
dengan karakteristik tersebut. Karena dalam langkah tersebut akan dipergunakan
strategi penetapan harga yang relatif terjangkau dan menarik bagi konsumen.
Referensi:
Komentar
Posting Komentar